Kiss FM Medan – Maskot resmi World Cup U-20 2023 di Indonesia diresmikan oleh FIFA dan PSSI, serta Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) saat Car Free Day (CFD), di Bundaran Hotel Indonesia hingga Monas, Minggu (18/9/2022). 

Hadir pula utusan perwakilan dari FIFA, Jaime Yarza sebagai FIFA Tournament Director dan Christian Schmolzer sebagai FIFA U-20 Project Lead.

Perwakilan FIFA mengatakan, “Ini akan menjadi kompetisi FIFA pertama yang berlangsung di Indonesia, peluncuran logo resmi merupakan tonggak sejarah yang menarik dalam perjalanan ini,” ujar Direktur Turnamen FIFA, Jaime Yarza.

https://www.instagram.com/p/CiomOgWro1n/

Digelar di Indonesia, maka maskot tersebut diberi nama “Bacuya” atau “Badak Cula Cahaya” (Badak Cula Cahaya), terinspirasi dari karakter badak Jawa bercula satu yang tanduknya akan berkedip lebih terang saat bermain sepak bola dengan anak-anak.

Badak bercula satu dipilih menjadi maskot Piala Dunia U-20 2023 karena hanya terdapat di Indonesia. Adapun, pesta sepak bola level usia terakbar di dunia itu akan digelar di Tanah Air pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023.

Usai perkenalan tersebut Bacuya diharapkan bisa mendorong masyarakat dan pencinta sepak bola berbondong-bondong datang ke stadion menyaksikan kompetisi sepak bola usia muda, khususnya dukungan untuk Timnas Indonesia U-20.

Pada rilis tersebut juga dijelaskan filosofi Bacuya yang merupakan badak Jawa muda yang sangat pemalu dan pendiam. Terlepas sari karakteristik ini, rasa ingin tahunya memakasa untuk berlari dengan tabah ke lapangan seperti ingin mencari sesuatu.

FIFA akan memasukkan gagasan keragaman ke dalam edisi tahun depan @pialaduniau20_. World Cup U-20 ini akan digelar di Indonesia pada 11 November 2023, dengan 24 tim dari 6 konfederasi bersaing. Sedangkan kualifikasi grup dijadwalkan berlangsung pada Maret, 2023 di Jakarta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here