Kiss FM Medan – Yang ditunggu-tunggu akhirnya kembali!  TikTok Shop kembali beroperasi di Indonesia dengan menggandeng Tokopedia sebagai mitranya pada hari ini, Selasa (12/12).

Kemitraan terjadi usai TikTok menyuntikkan modal sebesar US$1,5 miliar atau sekitar Rp23,4 triliun (asumsi kurs Rp15.617) dan menggenggam 75,01 persen saham Tokopedia.

Namun, sejumlah pihak mengingatkan pemerintah untuk mengatur regulasi dengan baik agar maraknya e-commerce tidak membunuh UMKM di dalam negeri. Terutama barang yang dijual, di mana selama ini disinyalir lebih banyak impor dari pada produk lokal.

Kerja sama ini dinilai upaya saling melengkapi untuk menjangkau basis pengguna yang lebih besar.

Dengan begini Tokopedia jadi lebih percaya diri bersaing dengan Shopee dalam live streaming yang menjadi kelemahannya.

Intinya, live streaming jualan di Tiktok tapi bisa memiliki keranjang berwarna ijo dan transaksi akan dilakukan di Tokopedia.

Kerja sama ini diakui akan mengukuhkan posisi keduanya dan memperbesar peluang menarik pengguna baru.

“Adanya kerja sama yang terjalin antara Tokopedia dan TikTok saya rasa akan mengembalikan lagi experience bermain media sosial sekaligus belanja. Experience ini bisa meningkatkan loyalitas dari pengguna TikTok, bahkan menambah pengguna TikTok dari ekosistem seller Tokopedia begitu juga sebaliknya,” ujar Direktur Ekonomi Digital Center of Economic and Law Studies (CELIOS) Nailul Huda kepada CNNIndonesia.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here