Kiss FM Medan – Ada kabar yang kurang menyenangkan nih rekan sebaya. Sekarang kalau mau screenshot percakapan di Whatsapp kita ke orang lain ternyata bisa melanggar UU ITE!

Juru Bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Dedy Permadi mengatakan, terdapat aturan untuk membagikan suatu percakapan ke orang lain.

Menurutnya, melanggar atau tidak, tergantung sama isi percakapannya. 

“Apabila konten yang disebarkan mengandung unsur data pribadi seseorang, maka sesuai dengan ketentuan pasal 26 UU ITE, penyebar informasi wajib untuk meminta persetujuan pemilik data terlebih dahulu.”

Kalau ternyata si pemilik data merasa keberatan, atau merasa dirugikan, maka pemilik data bisa minta ganti rugi lewat jalur pengadilan perdata dibarengi sama bukti-bukti yang jelas.

Hal ini tertulis di pasal 26 UU ITE:

(1) Kecuali ditentukan lain oleh Peraturan Perundang- undangan, penggunaan setiap informasi melalui media elektronik yang menyangkut data pribadi seseorang harus dilakukan atas persetujuan Orang yang bersangkutan. 

(2) Setiap Orang yang dilanggar haknya sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dapat mengajukan gugatan atas kerugian yang ditimbulkan berdasarkan Undang-Undang ini.

Duh, hati-hati nih yang suka banget update status isi chatnya bareng temen atau orang lain. Soalnya yang ngeliat bukan 1-2 orang doang, tapi semua kontak yang ada di Whatsapp itu. 

Btw, nggak cuma isi chat di Whatsapp aja kok, tapi isi chat di aplikasi lainnya klau mengandung unsur pelanggaran seperti yang disebutkan pasal 26 juga tetap bisa kena ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here