Kiss FM medan – Lagu terbaru berjudul ‘Birdy’ milik Pamungkas diduga berasal dari puisi Charles Bukowski. Hal ini bikin pelantun ‘To The Bone’ itu sampe berseteru berhari-hari dengan netizen.

Tapi mengakhiri perseteruan dengan si maha benar (baca:netizen), akhirnya Pamungkas memilih buat ganti lirik di dalam lagu itu. Bahkan hampir seluruhnya diubah.

Biarpun tindakan Pamungkas ini masih aja menuai respon negatif, tapi banyak juga respon positif yang mendukungnya. Bahkan kalau didengarkan secara seksama, di platform gratis lagunya juga udah berubah kok.

“Semangat terus Mas Pam!! Still love this Birdy to bits! Can’t wait for the whole album!” ujar salah seorang penggemar Pamungkas di kolom komentar YouTube.

Tuduhan ini bermula ketika seorang netizen bernama Hamzah Muhammad berkicau di akun Twitter. Cuitan itu pun viral.

“Problem Pamungkas bukan musikalitas. Tapi mentalitas. Single terbarunya Birdy tidak menawarkan pembacaan ulang atas The Bluebird, Charles Bukowski. Birdy adalah parafrase yang buruk,” ujar Hamzah pada cuitannya.

Pamungkas nggak sekali ini aja kena isu plagiarisme. Sebelumnya musisi ini sempat kena isu serupa soal tudingan meniru karya artwork Baptisme Virot yang merupakan seniman Prancis. Kala itu, publik mempermasalahkan cover album Pamungkas yang diduga meniru karya Baptisme Virot.

“Setelah kasus plagiat cover album, sekarang puisi. Rasanya ada yang belum selesai di dirinya,” kata netizen bernama Hamzah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here