Kiss FM Medan – Mulai 30 Juni 2022, Indonesia resmi memiliki 37 provinsi. Penambahan 3 provinsi baru itu dilakukan usai rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR). Provinsi baru tersebut adalah Provinsi Papua Selatan, Provinsi Papua Tengah, dan Provinsi Pegunungan Papua setelah sebelumnya ada di satu provinsi besar bernama provinsi Papua. 

Selain itu, tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Papua. Terutama penduduk asli dengan mempersempit wilayah pemerintahan sehingga lebih fokus pada rakyat yang diurus.

Pemerintah juga sudah menentukan ibukota untuk tiap wilayah provinsi yang baru aja dimekarkan. Papua Selatan dengan Kabupaten Merauke sebagai ibukota. Kabupaten Nabire menjadi ibukota untuk provinsi Papua Tengah. Sedangkan Provinsi Papua Pegunungan yang memiliki gunung tertinggi di Indonesia, Jayawijaya akan dipimpin oleh kabupaten Jayawijaya sebagai ibukota.

Dengan adanya tiga provinsi baru ini, gelar provinsi termuda bukan lagi dipegang oleh Kalimantan Utara yang menjadi provinsi ke 34 sejak 22 April 2013. Pemerintah Pusat juga mengizinkan Kaltara menamai ibukotanya sebagai Tanjung Selor dengan bandara utamanya Juwata.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here