Kiss FM Medan – Uni Eropa telah sepakat bahwa seluruh smartphone (tidak terkecuali) harus menggunakan port charger dengan kepala USB Tipe C. 

Keputusan yang mendapat dukungan besar dari sebagian besar parlemen Uni Eropa akan diangkat menjadi undang-undang pada 2024 mendatang.

Keputusan ini diambil berdasarkan kemudahan dalam daur ulang limbah elektronik dan memperluas aturan pengisian daya umum, untuk memasukkan lebih banyak jenis perangkat elektronik konsumen portabel (termasuk laptop).

FYI aja nih, Samsung dan iphone sudah curi start lebih dulu dengan mengubah charger mereka dengan kepala USB type C, sedangkan iphone sudah membekali kabel charger iphone 14 dengan kepala USB type C juga.

Dilansir dari Reuters, Rabu (5/10/2022) Apple mau tidak mau harus ikut memakai konektor USB C di iPhone buatannya, seperti yang sudah umum diimplementasikan produsen HP Android dan menyingkirkan Lightning untuk mematuhinya. Laptop juga diharuskan memakai USB C mulai tahun 2026.

Adapun aturan ini dibuat setelah banyak user iPhone dan juga Android di Eropa protes karena harus sering ganti charger jika tak kompatibel. Akhirnya, Uni Eropa meloloskannya sebagai aturan yang wajib dipatuhi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here