Kiss FM Medan – Disney baru aja kehilangan hak cipta atas karakter Mickey Mouse yang muncul di animasi pendek berjudul Steamboat Willie pada 18 November 1928. Hak cipta ini memang berlaku sampai 1 Januari 2024 sejak 1928, artinya Disney memegang hak cipta sepanjang 96 tahun.

Karakter Mickey Mouse ini kini berada di domain publik atau milik umum dan bisa digunakan oleh siapa saja.

Dilansir dari situs Museum of Modern Art AS, Steamboat Willie dibuat oleh kepala animator perusahaan bernama Ub Iwerks bersama sang pendiri, Walt Disney.

Film pendek dengan karakter ini ditayangkan pertama kali di Teater Colony di New York dan mendapatkan reaksi besar sebagai film kartun pertama dengan suara yang disinkronkan. 

Kenapa Disney Kehilangan Hak Cipta Mickey Mouse?

Dikutip dari situs Kantor Hak Cipta Amerika Serikat, negara tersebut memiliki undang-undang yang memperbolehkan hak cipta karya yang dibuat sebelum 1 Januari 1978 dipegang secara individu selama 95 tahun sejak pertama kali terbit atau 120 tahun sejak diciptakan.

Sementara karya yang dibuat setelah 1 Januari 1978 mendapat perlindungan hak cipta seumur hidup penciptanya ditambah 70 tahun setelah sang pencipta meninggal dunia. Ini artinya Disney memiliki hak cipta atas desain Mickey Mouse di film Steamboat Willie selama 95 tahun sejak pertama kali dibuat pada 1928. Namun setelah masa berlaku tersebut berakhir, pemiliknya akan kehilangan hak ciptanya atas desain tersebut. Desain tadi akan ditempatkan di domain publik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here