Kiss FM Medan – Saat lagi hujan deras ternyata kita gak cuma dianjurkan buat nggak main hape atau elektronik lainya, berdiri di bawah pohon dan juga berdiri di dekat jendela.

Tapi beraktivitas dekat air seperti mandi, mencuci piring bahkan juga nggak disaranin.

Ternyata alasannya kita bisa disambar PETIR!

Saat petir menyambar, listrik dari petir akan mengikuti jalur paling mudah dialiri listrik, yaitu pipa air. Pipa yang terbuat dari logam dan air adalah konduktor, mereka ini bestie-an sama listrik. Dan kamar mandi juga wastafel cucian piringmu menyediakan kedua hal itu.

Nggak mau kan kalau lagi enak-enak mandi atau nyuci piring terus nyawa kamu melayang.

(artikel asli via Kumparan).

Sedangkan alasan kenapa kamu nggak boleh berteduh di bawah pohon saat hujan adalah Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pohon rawan disambar petir karena dalam kondisi basah, pohon yang berlumuran air itu dapat menghantarkan arus listrik. Selain itu juga rawan tumbang, ntar kamu ketimpa gimana?

Dan nggak boleh main hape ya, atau menghidupkan barang elektronik lainnya saat hujan badai petir menyambar-nyambar karena adanya kemungkinan hape kamu malah jadi rusak.

Hal yang perlu diperhatikan saat bermain HP di dalam rumah saat hujan petir, adalah ketika ponsel terhubung dengan charger ke colokan listrik.

Saat listrik menyambar tiang listrik, ada kemungkinan beban listrik bisa memenuhi jaringan listrik rumah dan turut merusak ponsel yang sedang diisi daya.

Namun, kejadian ini jarang sekali terjadi, karena kebanyakan rumah-rumah yang cukup tinggi juga dilengkapi dengan penangkal petir, dan jaringan listrik di rumah yang baik senantiasa memiliki ground yang tersambung ke tanah untuk mengalirkan kelebihan muatan listrik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here