Kiss FM Medan – Presiden Joko Widodo (jokowi) kembali meminta masyarakat menggunakan masker baik di dalam dan di luar ruangan.

“Saya juga Ingin mengingatkan kepada kita semua, Covid-19 masih ada, oleh sebab itu baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan memakai masker adalah masih sebuah keharusan,” kata Jokowi.

Dia juga meminta agar pemerintah daerah khususnya di kota-kota besar dengan mobilitas yang tinggi untuk menggencarkan kembali vaksinasi booster agar wabah Covid-19 di Indonesia bisa tetap terkendali. “Saya masih mengingat lagi untuk pemerintah daerah, pemerintah kota kabupaten dan provinsi serta TNI dan polri untuk terus melakukan vaksinasi booster, karena memang ini diperlukan,” ucap dia.

Hal itu Kabid Penanganan Kesehatan Satgas Penanganan Covid-19 Alexander K Ginting sampaikan merespons imbauan serupa yang disampaikan Presiden Joko Widodo baru-baru ini. Alex menyebut, imbauan itu disampaikan pemerintah lantaran positivity rate alias rasio kasus positif Covid-19 di Indonesia mulai mengalami peningkatan.

“Karena kasus aktif seminggu ini sudah lebih dari 20 ribu, dan konfirmasi harian di atas 2.000 kasus, serta positivity rate yang bergerak naik di atas lima persen,” kata Alex kepada CNNIndonesia.com, Senin (11/7).Alex mengingatkan, Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah menetapkan ambang batas aman positivity rate sebesar lima persen. Dengan demikian, ia menilai perkembangan Covid-19 di Indonesia mulai masuk fase waspada yang harus kembali mendapatkan perhatian baik dari pemerintah maupun masyarakat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here