Kiss FM Medan – Ada satu horror story yang sampe sekarang masih dipercaya sama orang banyak yaitu dilarang dengerin lagu “Gloomy Sunday”.

Lagu yang terkenal di tahun 1940an ini diyakini bikin suges orang-orang yang dengerin untuk bundir! Jadi jangan diputar lagunya berulang-ulang kali.

Lirik aslinya berjudul “Vége a világnak” (Dunia akan berakhir) dan tentang keputusasaan yang disebabkan oleh perang, diakhiri dengan doa yang tenang tentang dosa-dosa orang. Tapi Penyair László Jávor menulis liriknya sendiri untuk lagu tersebut, berjudul Szomorú vasárnap (Sad Sunday), di mana sang protagonis ingin bunuh diri setelah kematian kekasihnya.

Tapi entah kenapa, lirik kedua dari penyair inilah yang lebih terkenal sementara lirik lagu asli semakin dilupakan. Lagu ini pertama kali direkam dalam bahasa Hongaria oleh Pál Kalmár pada tahun 1935 lalu dinyanyikan ulang oleh Billie Holiday yang meninggal di usia 44 tahun.

Pada 11 Januari 1968, sekitar 35 tahun setelah menulis lagu tersebut, komposernya mengakhiri hidupnya sendiri. BBC melarang versi lagu Billie Holiday untuk disiarkan, karena merusak moral masa perang, tetapi mengizinkan pertunjukan versi instrumental.

Rekan sebaya ada yang sudah pernah dengerin lagu Gloomy Sunday yang jadi Horror Story kali ini?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here