Kiss FM Medan – Film “Lightyear” yang ternyata memiliki banyak adegan dengan unsur LGBTQ dianggap mengkampanyekan LGBTQ secara global lewat filmnya. Sejumlah negara mulai menolak menayangkan film ini seperti Uni Emirate, Kuwait dan Arab Saudi.

Bahkan China yang menjadi pasar terbesar perfilman dunia meminta Disney untuk memotong adegan sesama perempuan berciuman tapi rumah Marvel itu menolak, sehingga China juga akhirnya melarang Lightyear tayang. Malaysia juga melakukan langkah yang sama dengan China. Dikabarkan Mesir, Lebanon sampai Indonesia juga melarang film ini tayang di negara mereka walaupun Indonesia belum memberikan konfirmasi soal ini.

Karena adanya unsur LGBTQ, masyarakat di Kuwait dan Arab Saudi juga nggak bisa nonton “Doctor Strange in the Multiverse of Madness” karena dimasukkannya karakter gay.

Sebelum melarang Lightyear, Malaysia LPF telah melarang Rocketman, film biografi Elton John yang dibintangi Taron Egerton dan “Fantastic Beasts: Secrets of Dumbledore” karena alur cerita yang berbau LGBT.

“Lightyear” merupakan spin-off dari “Toy Story”. Spin-off ini berfokus pada karakter Buzz Lightyear yang selalu percaya bahwa ia benar-benar seorang space ranger.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here