Kiss FM Medan – Fans dari boy grup NCT yang menamai diri mereka sebagai NCTzen mulai mengecam serial Dikta dan Hukum yang diangkat jadi series. Masalah ternyata karena series ini nggak ngubah nama pemeran di dalam cerita yang pakai nama Jeno dari NCT ke nama lain.

NCTzen yang nggak terima bahkan mencela serial televisi asal Indonesia itu sampe nama Jeno masuk di jajaran Trending Topic Twitter, Rabu (1/12/2021).

Serial ini diangkat dari novel yang terkenal sebagai Au atau Alternate Universe dengan judul sama. AU ini viral banget di Twitter.

Yang bikin NCTzen ini geram, pihak televisi dan penulis novel pakai nama Jeno secara ilegal bahkan sampai jadi series ke acara tv yang artinya menjadi sebuah komersialisasi. Cerita yang awalnya fanfiction dengan melibatkan banyak anggota NCT lainnya ini termasuk Doyoung NCT kemudian diubah namanya ketika novelnya diterbitkan, tapi untuk Jeno tidak.

Netizen berargumen bahwa nama Jeno bukan hanya nama pribadinya, karena itu juga mereknya sebagai seorang seniman.

Dan menurut fans, hal ini tentu berpengaruh bagi Jeno sebagai seorang seniman yang layak dikenal dan dihormati. Bahkan permasalahan ini sampai masuk ke portal berita Korea, Koreaboo. 

Karena makin meningkatnya kecaman, pihak penerbit terlihat mengambil langkah untuk memohon maaf yang mereka unggah ke akun twitter mereka.

“Penerbit dan penulis meminta maaf atas ketidaknyamanan ini karena kami tidak bisa membuat pernyataan tanpa seizin pihak yang sudah mengadaptasi buku Dikta & Hukum ini ke sinematografi, maka kami butuh waktu untuk solusinya,” bunyi permohonan maaf dari Loveable dikutip dari akun Twitter @Loveableous, Rabu (1/12/2021).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here