Kiss FM Medan – Pada kenal dong sama kalimat “Hompimpa Alaium Gambreng” yang selalu kamu ucapkan tiap kali memilih pemain kalau lagi main-main pas kecil dulu.

Nah… pada tahu nggak ternyata kalimat “Hompimpa Alaium Gambreng” itu ada artinya lho! Jadi bukan kalimat asal-asalan aja, bahkan artinya bermakna banget.

Berasal dari bahasa Sansekerta, “Hompimpa alaium” memiliki arti “dari Tuhan dan kembali ke Tuhan”. Sedangkan “gambreng” sendiri artinya “ayo bermain” yang digunakan sebagai aba-aba.

Saat kita menunjukkan telapak tangan atau punggung tangan, kita tidak tahu apakah kita akan menang ataupun kalah. Dari sanalah kita belajar untuk menerima dengan lapang dada hasil dari apa yang telah kita pilih.

Sayangnya kalimat ini udah jarang banget ya dipake sama anak-anak kecil jaman sekarang karena jaman sekarang permainan yang mereka mainkan ada di dalam smartphone mereka masing-masing.

Jadi di umur berapa nih kamu baru tahu arti dari “Hompimpa Alaium Gambreng”?

Bahkan kemungkinan besar mereka nggak tahu sama sekali nih kalau “Hompimpa Alaium Gambreng” itu exist dan menghiasi masa kecil anak-anak jaman dulu.

Baiknya sih lakukan juga permainan-permainan fisik untuk anak-anak ataupun keponakan kamu biar mereka nggak terlalu terpaku sama smartphone dan kurang bergerak. Apalagi sinar smartphone juga bisa merusak mata anak-anak sejak dini karena main game terus di smartphone.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here