Kiss FM Medan – Siapa sangka ternyata Dave Grohl selama ini tidak bisa mendengar alias tuli. Padahal kan dia seorang vokalis band.

Selama penampilannya di episode The Howard Stern Show baru-baru ini, vokalis Foo Fighters membuka tentang gangguan pendengarannya dan bagaimana hal itu mempengaruhinya baik dalam kehidupan sehari-hari maupun sebagai musisi. 

Terlepas dari masalah pendengarannya, pemenang Grammy 16 kali itu mengatakan dia benci memakai perangkat in-ear di atas panggung karena mereka mengacaukan kesadaran spasialnya. “Saya ingin mendengar penonton di depan saya, saya ingin bisa berbalik dan mendengar Taylor di sana,” kata Dave Grohl, mengacu pada drummer Foo Fighters Taylor Hawkins, yang juga menjadi tamu di acara itu. Sang rocker mengatakan bahwa dia telah bekerja dengan perancang suara yang sama selama 31 tahun (sejak hari-hari Nirvana-nya), jadi suara yang dia dengar saat tampil live sangat cocok untuk telinganya.

Untuk memproduksi musik, “telinga” pria berusia 53 tahun itu masih disetel ke frekuensi tertentu, yang berarti dia masih dapat menangkap detail sonik yang sangat kecil — bahkan hingga perbedaan kecil antara pukulan simbal.

Nggak ada yang nyangka kan, seorang musisi terkenal dunia ternyata bahkan tuli jauh lebih lama sejak dia belum memulai karir musiknya dengan Nirvana.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here