Kiss FM Medan – Menteri PPN/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa telah mengumumkan nama resmi ibukota baru Indonesia pada Senin (17/1) siang adalah NUSANTARA.

Nama ini telah dipilih menjadi nama ibu kota yang nanti letaknya ada di Kalimantan Timur itu. Kabarnya nama ini dipilih langsung oleh presiden Joko Widodo dan diinformasikan pada Bappenas Jumat (14/1).

“Saya baru mendapatkan konfirmasi dan perintah langsung dari Bapak Presiden (Jokowi) itu pada hari Jumat lalu dan beliau mengatakan ibukota negara ini namanya Nusantara,” kata Suharso dalam rapat bersama Panitia Khusus (Pansus) RUU IKN, Senin (17/1/2022).

Dalam keterangan yang diberikan Monoarfa, pemilihan nama NUSANTARA karena kata ini sudah dikenal secara nasional dan sudah menjadi kata ikonik di internasional.

“Mudah dan menggambarkan kenusantaraan kita semua Republik Indonesia, dan saya kira kita semua setuju dengan istilah Nusantara itu,” kata Monoarfa.

“Jadi nama ini adalah sebuah konsep kesatuan yang bersedia mengakomodasi kemajemukan itu dan Ibu Kota Indonesia dengan nama itu mengungkapkan realitas tadi,” lanjutnya.

Nusantara adalah sebuah konseptualisasi atas wilayah geografi, di mana terdapat banyak pulau-pulau dan disatukan oleh lautan. Hal ini kata dia, menunjukkan bahwa Indonesia merupakan negara maritim. Dari situ pula, terungkap sebuah pengakuan kemajemukan geografis yang melandasi kemajemukan budaya etnis.

Gimana rekan sebaya? kamu juga sentuju dengan nama yang telah dipilihkan oleh presiden Jokowi?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here