Kiss FM Medan – Tahukah rekan sebaya ternyata sejak 7 Oktober 2021 lalu, bendera merah putih tidak diizinkan berkibar di semua arena olahraga internasional ketika perwakilannya menjadi juara. Hal ini ternyata karena Indonesia memang tengah mendapat sanksi dari otoritas anti-doping dunia, yakni WADA. Organisasi yang bermarkas di Montreal, Kanada, itu menganggap Indonesia tidak memenuhi kewajibannya terkait tes doping bagi atletnya. 

Sebagai otoritas anti-doping di Tanah Air, LADI dinyatakan melanggar kode Anti-Doping WADA 2021. Gara-gara sanksi itu, Indonesia kehilangan sejumlah haknya termasuk mengibarkan bendera merah-putih ketika perwakilannya menjadi juara.

bendera Indonesia diganti dengan bendera PBSI saat Indonesia menjadi juara di piala Thomas 2021 lalu.

Kabar terbaru adalah Ketua Tim Satgas Percepatan Sanksi WADA Raja Sapta Oktohari menyebut World Anti Doping Agency (WADA) sudah mengizinkan bendera Merah Putih kembali berkibar di ajang olahraga internasional pada Februari melalui surat resmi yang ditandatangani oleh Head of the Compliance Unit WADA, Emiliano Simonelli.

“Mudah-mudahan kalau tidak ada aral melintang, itu [bendera Indonesia berkibar lagi] awal Februari sudah bisa, insyaallah, dari konfirmasi ketua tim satgas, bendera Indonesia sudah bisa berkibar,” kata Menpora Zainudin Amali.

Ternyata, biarpun bendera Indonesia bisa berkibar mulai Februari nanti, menurut Okto sanksi dari WADA masih belum dicabut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here