KISS FM Medan – Soundtrack Encanto “We Don’t Talk About Bruno” secara mengejutkan ada di posisi #1 dalam 3 minggu berturut-turut di No 1 di chart album Billboard 200 (tertanggal 5 Februari).

Soundtrack Encanto itu terjual 115.000 unit album setara mingguan terbaik baru di AS dalam pekan yang berakhir 27 Januari, naik 11% dari minggu sebelumnya menurut MRC Data.

Dalam 10 tahun terakhir, hanya empat soundtrack yang menghabiskan setidaknya tiga minggu di No. 1 di Billboard 200: Encanto (tiga kali), A Star Is Born dari Lady Gaga dan Bradley Cooper (empat kali di 2018-19), Black Panther: The Album (tiga kali, 2018) dan Frozen (13, 2014).

Tapi beda cerita dengan chart Billboard 100 secara global karena Adele dengan ‘Easy On Me’ masih ada di posisi #1 bahkan di minggu ini. Adele udah ada di posisi itu selama 10 minggu walaupun tidak berurutan karena Adele sempat ada di posisi kedua ketika Natal karena digeser oleh Mariah Carey dengan “All I Want For Christmas Is you” merajai chart saat Natal.

Perhitungan untuk masuk chart ini menggunakan data dari MRC Data yang dihitung melalui dari penjualan album, album setara trek (TEA) dan album setara streaming (SEA).

Setiap unit sama dengan satu penjualan album, atau 10 lagu individual yang terjual dari album, atau 3.750 aliran audio dan video resmi yang didukung iklan atau 1.250 berbayar/langganan sesuai permintaan yang dihasilkan oleh lagu-lagu dari album.

Ribet ya? Tapi emang begitu cara ngitungnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here