Kiss FM Medan – Tahu dong dengan film trilogi Hunger Games yang dibintangi oleh Jennifer Lawrence, Liam Hemsworth dan Josh Hutcherson. Di film ini, Katniss Everdeen yang diperankan oleh J-Law adalah utusan dari distrik 13. Dalam perjuangannya melawan kekuasaan Capitol, Katniss menyatukan masyarakat dengan salam 3 jari tengah yang menandakan perlawanan.

Gestur ini ternyata digunakan oleh mahasiswa Myanmar dalam pemerintah yang totaliter. Penggunaan salam 3 jari sudah digunakan  sejak 2014 lalu, momen yang sama dengan Hunger Games yang juga rilis film keduanya di tahun itu.

Para pengunjuk rasa pro-demokrasi melakukan salam tiga jari ketika mereka menghadiri demonstrasi untuk menuntut pemerintah mundur, membubarkan parlemen dan mengadakan pemilihan baru di bawah konstitusi yang direvisi, di kampus Rangsit Universitas Thammasat di luar Bangkok, Thailand Agustus 10, 2020. (Tribun Jateng)

Mahasiswa menggunakan salam tiga jari di semua momen kesempatan, sosial media, pemberitaan, dan Youtube.

Myanmar memang sedang tidak baik-baik saja selama beberapa bulan ini. Adanya kudeta dari militer Myanmar membuat Myanmar berada di kondisi memanas setiap harinya. Mari sama-sama berdoa agar Myanmar kembali ke dalam kondisi kondusif dan kembali damai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here