Kiss FM Medan – Pengen beli smartphone baru gara-gara yang lama udah bosen atau rusak karena pemakaian, eh tapi kamu bingung mau beli smartphone yang mana karena sekarang udah banyak banget variannya. Ada yang warna warni mirip permen, ada yang nggak ada lagi tombolnya kecuali tombol volume dan start button, ada juga yang tipis banget dan pake fitur wajah bukanya. Duh pusing kan?!

Jadi, sebelum kamu pergi ke toko buat beli smartphone baru, kamu harus paham dulu apa aja sih yang harus kamu perhatikan ketika membeli smartphone baru?

RAM dan baterai

Sekarang entah emang udah ketentuan atau memang para pengembang udah janjian untuk mengembangkan aplikasi mobile mereka dengan kapasitas besar, misalnya saja Facebook, Line dan instagram yang punya besaran file lebih dari 50 MB yang membuat penggunaan RAM harus senantiasa diperhatikan besarannya. Mereka tidak akan berjalan normal di smartphone dengan RAM hanya 1 GB. Minimal kamu harus membeli smartphone dengan RAM 2GB, itu juga standar banget. Biar bisa buat main game sekalian mending beli yang di atas 3 – 4 GB ya.

Perhatikan ketahanan baterai, bila masih tertera ketahanan baterai di bawah 2000 mAh maka disarankan untuk tidak membelinya karena aplikasi yang berat dan aktivitas sosial media yang aktif dan realtime akan membuat kamu harus bolak balik charging smartphone kamu karena kehabisan baterai. Belilah yang 3000 mAh atau lebih.

Sistem operasi yang digunakan

Kamu pakai iPhone atau Android? Maka pilihlah yang terbaru atau minimal satu tingkat di bawah yang terbaru sebab pesatnya perkembangan teknologi ini membuat setiap versi pembaruan akan begitu ketinggalan padahal baru setahun dirilis.

Bandingkan dengan produk lain yang punya spesifikasi dan harga sama

Membandingkan itu perlu dilakukan ya rekan sebaya agar mendapat smartphone sesuai kebutuhan kamu dan sesuai dengan budget yang kamu miliki. Jadi kalau ternyata A punya spesifikasi lebih dibandingkan smartphone B lalu kenapa kamu harus beli yang B kalau harganya sama?

Perhatikan garansi yang diberikan

Tanyakan atau cari tahu garansi yang kamu terima apa saja. Mulai dari perangkat yang bisa di-cover oleh garansi hingga yang tidak bisa. Batasan-batasan garansi ini membantu kamu ketika menemukan masalah pada smartphone yang kamu gunakan nanti.

Aksesoris tambahan juga perlu diperhatikan

Aksesoris tambahan seperti headset, kabel data, dan lain sebagainya. Bila kamu harus menambah sedikit untuk tambahan aksesoris yang kamu suka kenapa nggak? Misalnya kamu beli smartphone Lenovo, ternyata menambah VR setengah dari harga normal. Why not?

Sesuaikan dengan kebutuhan

Kembali ke diri kamu sendiri, kamu punya budget berapa? Butuhnya untuk apa? Main game kah? Untuk bekerja kah? Untuk mobilitas kah? Dengan cermat memahami kebutuhan kamu maka akan lebih mudah menemukan smartphone yang pas.

Nah, setelah membaca tips diatas apakah kamu sudah mendapat smartphone yang akan kamu incar? Jangan lupa untuk terus update pengetahuan kamu di Kiss FM Medan, walaupun belum dinobatkan sebagai radio anak muda medan namun kami akan terus berusaha. Doakan kami ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here