Kiss FM Medan – Ternyata nggak cuma ketawa atau tidur aja yg bisa meredakan stress, nangis juga bisa! Menurut seorang ilmuwan Jepang bernama Hidefumi Yoshida (43) yang menamakan dirinya “Namida sensei” alias guru air mata, menangis seminggu sekali bisa bikin perasaan seseorang lebih lega dan terlepas dari stress.

Namida Sensei bilang nangis lebih efektif dibandingkan tertawa dan tidur dalam masalah melepas stres. Manfaat yang besar ini dibagi-bagikan Namida sensei ke berbagai institusi. Udah 5,5 tahun Namida sensei memberikan penyuluhan tentang manfaat dari menangis ke berbagai sekolah dan perusahaan.

Air mata entah itu karena sedih atau bahagia diyakini mengurangi stres, karena tindakan menangis melemaskan saraf otonom dengan merangsang aktivitas saraf parasimpatik, menurut para ahli.

Yup, nggak cuma Namida sensei aja yang bilang gitu, profesor Junko Umihara dari Nippon Medical School juga bilang, “Menangis adalah tindakan membela diri terhadap tekanan yang terakumulasi.”

Jadi nangis ini bisa jadi reaksi tubuh yang udah dibebani stress bertumpuk-tumpuk, dan udah nggak tahan lagi ujung-ujungnya tubuh bakal nangis biar melepas si stress ini.

Naaah, jadi kamu gak perlu ngerasa jadi orang paling menderita di dunia kalo sering nangis, karena faktanya justru nangis banyak manfaatnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here