Kiss FM Medan – Jangan tanya kabar skripsi gimana dengan mahasiswa tahun terakhir karena menurut mereka membuat skripsi itu nyebelin banget. Semedi bikin judul, ngumpulin data dan materi, ngejar dosen ke sana kemari demi bimbingan, revisi tiada akhir, coretan hampir di semua kertas yang sudah capek-capek kamu print. Aktivitas ini membuat mahasiswa tahun akhir jarang sekali senyum bahagia (kecuali saat dapat ACC, senyumnya pasti cerah banget).

Di balik kesulitan dan tetek bengek membuat skripsi ini ternyata tersembunyi manfaat besar di kehidupan kamu sebagai mahasiswa semester capek. Ini nih manfaatnya;

Kamu akan terlatih berpikir dan menulis secara terstruktur

Karena membuat skripsi kamu harus memperhatikan setiap listing, margin, sampai besar font yang digunakan pun sudah ditentukan. Revisi membuat kamu harus mengulang-ulang menulis dengan metode yang sama. Dan akhirnya kamu pun terlatih dan terbiasa jadi nggak merasa asing lagi ketika terjun ke dunia kerja.

Terbiasa mengumpulkan data dan menganalisanya

Membuat skripsi mengharuskan kamu harus mengumpulkan data yang valid, nggak boleh hoax apalagi sedikit. Gimana mau buat skripsi yang diluluskan oleh dosen pembimbing dan penguji kalau data yang kamu kumpulkan sedikit dan tidak valid.

Jadi mempunyai kemampuan beradu argumen dan mempertahankan pendapat

Biasanya ini terjadi ketika kamu bimbingan dengan dosen pembimbing. Segala pertanyaan akan diberikan, kenapa membuat judul, kenapa menggunakan metode ini padahal lebih baik menggunakan metode lain. Nah, bimbingan bukan hanya menerima saran dari dosen pembimbing tapi juga bagaimana kamu berpendapat dengan pilihanmu ketika menentukan metode, judul dan data yang sudah kamu tentukan sejak awal.

Terbiasa berhadapan dengan orang banyak

Ketika mengumpulkan data kamu pasti akan berhubungan dengan orang lain demi mendapatkannya. Mulai dari ngelobi, sampai melakukan pendekatan demi tercapainya keinginan kita mendapatkan data membuat kita terbiasa menghadapi berbagai macam sifat orang. Kamu jadi percaya diri dan tak lagi merasa takut berbicara di hadapan orang banyak.

Membuat skripsi bikin terbiasa menghadapi deadline

Dari mulai tugas semasa kuliah yang harus dikumpulkan tepat waktu hingga kamu harus lulus tepat waktu kalau nggak mau lagi bayar uang kuliah di semester selanjutnya. So… kamu akan terbiasa bekerja dengan deadline.

Kamu nggak lagi manja

Kamu yang terbiasa harus mengurus semuanya sendiri atau bahu membahu dengan teman-temanmu akan menjadi pribadi yang memiliki pola pikir luas hingga menjadi mandiri, nggak lagi manja dan terbiasa kuat menghadapi segala macam lelahnya membuat skripsi.

Masih bilang membuat skripsi itu nyebelin padahal manfaatnya besar banget buat masa depan kamu nanti.

Pin It on Pinterest

Shares
Share This