Kiss FM Medan – Mereka yang sering terpapar pemicu kanker tentu akan dengan mudah menderita kanker di sisa hidupnya. Masih muda udah kena kanker, mungkin banyak orang yang heran kok bisa sih, kan biasanya yang sering kena kanker itu para orang dewasa yang menjelang usia senja. Ternyata anggapan ini sepenuhnya salah. Kanker bisa menyerang siapa saja,

Pemicu? Ya benar sekali, pemicu kanker bukanlah penyebab utama kenapa kanker bisa tumbuh, melainkan bahan yang bisa mendukung sel kanker untuk tumbuh subur di dalam tubuh. Hal-hal kecil dan sepele ternyata adalah pemicu dari kanker berbahaya dalam tubuh. Untuk itu hindari pemicunya biar kamu masih muda nggak kena kanker.

Dilansir dari @haidokter, berikut ini faktor yang meningkatkan risiko kamu terkena kanker.

1. Rokok

Rokok adalah salah satu contoh karsinogen yang mengandung lebih dari 4000 senyawa kimia penyebab berbagai macam kanker seperti nikotin, ammonia, methanol, karbon monoksida, methanol, arsenic, asam asetat, butan, cadmium, asam strearat, toluene, dan heksamin.

2. Hormon

Hormon estrogen yang tinggi adalah salah satu hal yang bisa meningkatkan risiko terserang kanker payudara. Tingginya kadar hormon estrogen dalam tubuh kamu bisa dipengaruhi oleh usia menars yaitu usia saat kamu menstruasi pertama kali, usia menopouse, hamil di atas usia 30 tahun, dan memakai KB hormonal.

3. Makanan

Makanan yang diasap dan diasamkan dalam bentuk acar bisa meningkatkan risiko terserang kanker lambung.
Daging yang dimasak dengan temperatur tinggi contohnya digoreng juga bisa meningkatkan risiko terserang kanker lambung.

Mengonsumsi makanan berlemak lalu gak diimbangi dengan mengonsumsi makanan berserat juga bisa meningkatkan risiko terserang kanker payudara, kanker usus besar, dan kanker prostat.

4. Radiasi

Radiasi bisa menjadi pemicu kanker, radiasi ini bisa berupa radiasi non-pengion contohnya sinar Ultraviolet (UV) dari matahari dan radiasi pengion yang berasal dari alat-alat radiasi contohnya CT scan, rontgen, dan radioterapeutik yaitu radiasi untuk terapi kanker.

Jangan sepele dan menganggap remeh hal-hal kecil ini, jangan sampai kalian menyesal nantinya.

Pin It on Pinterest

Shares
Share This