Kiss FM Medan – Beneran lho ada madu sehat seharga mobil, mobil Avanza bekas atau Xenia atau Suzuki APV. nama madunya adalah Elvish, berasal dari Turki dan dijual seharga Rp 80 juta per kilogramnya. Nah bener kan seharga mobil.

Kenapa bisa mahal banget?

Sebab, membuatnya dengan cara proses yang alami, tanpa sarang lebah yaitu diekstrak langsung dari dinding sebuah gua di lembah Saricayir, Artvin, Timur Laut Turki. Gimana coba langsung diekstrak dari dinding gua? Kerjaan yang sangat sulit pastinya. Madu sehat seharga mobil ini mengandung mineral tinggi jadi wajar saja kalau harganya juga bikin nelen ludah.

Kenapa bisa menjadi Madu sehat seharga mobil

Nama madu Elvish dalam bahasa Turki adalah Peri Bali. Harganya yang mahal karena dipengaruhi letak gua yang berada di 2.327 mdpl ini dikelilingi oleh pegunungan dan memiliki banyak tanaman endemik yang tumbuh di pegunungan tersebut. Cuaca di mana gua berada sangat lembab dan juga berada di tepi laut hitam. Hanya faktor lingkungan dan cuacalah yang mempengaruhi kandungan dari madu Elvish karena jenis lebah tidak spesifik dan tidak begitu mempengaruhi.

Sejarah penemuan madu Elvish

Awalnya yang menemukan adalah seorang pria Turki bernama Gunay Gunduz. Ia adalah seorang peternak lebak turun temurun sejak kakek dan ayahnya. Dia curiga kenapa ada banyak lebah pergi menuju gua tersebut. Setelah dilihat ternyata lebah-lebah tersebut menyimpan madunya ke dinding gua. Mendapat bantuan dari rekannya, Gunduz kemudian mengekstrak madu dari gua tersebut hingga menghasilkan sekitar 18 kilogram madu.

Elvish diperkenalkan pertama kali di pasar saham Perancis pada tahun 2009. Awalnya madu Elvish dihargai sebesar 45 ribu Euro yah… sekitar Rp 750 juta, bisa beli berapa rumah tuh? Namun saat ini harganya turun menjadi 5000 Euro per kilogramnya walau tetap saja mahal di kantong kita ya rekan sebaya.

Di mana bisa membeli madu sehat seharga mobil ini

Hanya di peternakan atau toko yang dipasok oleh Gunay Gunduz. Kalau mau beli kontak langsung saja sosial medianya di Gunay Gunduz. 

Pin It on Pinterest

Shares
Share This