KISS 105 FM Medan – Aktor Morgan Freeman dan pelantun Million Reasons, Lady Gaga ternyata menderita penyakit Fibromyalgia. Hal yang membuat mereka terhambat dalam menjalani aktivitas mereka ini ternyata gak bisa dipandang sebelah mata.

Untuk itu kamu juga perlu tahu apa itu penyakit fibromyalgia agar kamu juga bisa lebih mengerti dan melakukan tindakan-tindakan pencegahan. Berikut penjelasan tentang penyakit fibromyalgia yang Kiss FM Medan ambil dari berbagai sumber.

Apa sih sebenarnya Fibromyalgia itu?

Penyakit yang jarang terdengar ini ternyata cukup serius dan memberikan dampak mengerikan bila tak segera ditangani. Fibromyalgia merupakan penyakit muskuloskeletal  atau penyakit yang menyerang fungsi sendi, tulang, otot, saraf, tendon, tulang belakang hingga ligamen. Kesemuanya ini ada pada struktur yang mendukung anggota badan, leher dan punggung. Penyakit ini dianggap mirip dengan penyakit rematik.

Ciri-ciri orang menderita penyakit Fibromyalgia

Menurut salah satu pendiri Asosiasi Fibromyalgia Nasional, Lynne Matallana, cara mengenali bahwa seseorang terkena Fibromyalgia adalah terasa nyeri di sekujur tubuh. Tubuh tidak bisa bersentuhan dengan benda-benda dengan tekstur kasar, kuku, rambutm kulit semuanya terasa sakit.

Penderita Fibromyalgia akan mengalami gangguan tidur. Sedihnya, Fibromyalgia akan membuatmu sulit tidur karena rasa sakitnya yang tak tertahankan, namun kalau kamu kurang tidur rasa sakitnya malah semakin parah.

Penyebab munculnya Fibromyalgia

Tekanan psikologis atau kondisi emosional yang cenderung tidak stabil seperti menderita pelecehan seksual, korban bullying, rasa sedih karena kehilangan orang yang dicintai bisa memicu munculnya penyakit Fibromyalgia ini. Kualitas tidur yang buruk seorang wanita juga bisa memicu munculnya Fibromyalgia dalam dirinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here