Kiss FM Medan – Jam 3 sore tanggal 3 Juli kemarin adalah waktu untuk pengumuman SBMPTN. Selamat buat kamu yang dinyatakan lulus di perguruan tinggi yang kamu inginkan, dan buat rekan sebaya yang tidak lulus SBMPTN, jangan bersedih ya, karena ada banyak hal yang bisa kamu lakukan setelah dinyatakan tidak lulus. Nggak percaya? Cek aja di bawah ini.

Ikut ujian Mandiri untuk masuk ke perguruan tinggi incaran kamu

Selain seleksi bersama nasional lainnya, setiap perguruan tinggi negeri menyediakan ujian Mandiri, pastikan kamu sudah mendaftar ya. Btw, emang sih untuk ‘jalur mandiri’ membutuhkan biaya lebih mahal bahkan bisa sampai 10x lipat dari biaya kuliah ‘jalur reguler’.

Mendaftar saja di perguruan tinggi swasta

Selaw… kalau kamu nggak lulus SBMPTN, kan dunia nggak langsung kiamat. Banyak banget perguruan tinggi swasta yang berkualitas dan sesuai dengan segala potensi, kecerdasan, minat dan passion kamu untuk bergabung. Bahkan perguruan swasta lebih ‘mempersiapkan’ diri kamu untuk menghadapi dunia pekerjaan nantinya.

Kuliah di jenjang D3 juga bukan hal yang sia-sia kok

Nggak dapat pendidikan S1 incaran kamu, nggak masalah. Kan kamu bisa kuliah di jalur Diploma 3. Siapa bilang Diploma 3 bikin malu-maluin, kamu harus ubah pola pikir kalau ternyata masih terperangkap dengan pikiran semacam itu. Biar kamu tahu aja ya, Diploma bahkan memiliki pengalaman di lapangan lebih banyak dibanding S1. Kalau masih tetap ingin S1 maka setelah lulus D3 kamu tidak perlu mengulang kuliah untuk mengambil S1, melainkan tinggal mengambil ‘jalur extension’ yang hanya butuh 2-4 tahun saja.

Nggak lulus SBMPTN? Ya sudah, istirahat aja dulu selama setahun

Nggak ada salahnya kok mengambil istirahat selama setahun dari kegiatan belajar, toh kamu sudah sekolah tanpa henti selama 12 tahun. nah , ambillah istirahat ini untuk kamu manfaatkan sebagai waktu mempersiapkan diri untuk ujian tahun depan. Misalnya kamu nggak kuliah tapi tetap ikut bimbingan, belajar lebih matang lagi, menyelesaikan soal-soal lebih banyak lagi demi perguruan tinggi incaran.

Belajar sambil bekerja oke juga tuh

Jangan Sedih! Kamu Bisa Kok Lakukan Hal-Hal Ini Kalau Tidak Lulus SBMPTN

Cuma ikutan bimbel doang kenapa nggak disambi dengan kerja? Lumayan kamu bisa menghasilkan uang sendiri, nabung buat uang pangkal nanti kalau dinyatakan lulus ujian.

Banyak kan yang bisa kamu lakukan tanpa harus membuang waktu dengan percuma. Jadi jangan sedih lagi ya, tetap semangat!

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here