Kiss FM Medan – Buat jobseeker pasti udah hafal banget dengan pertanyaan yang selalu muncul ini, “kenapa kami harus merekrut anda?” atau pertanyaan sejenis ini akrab terdengar. Tapi walau akrab terdengar, jawaban dari pertanyaan ini masih menjadi misteri.

Jawaban tepat untuk pertanyaan “kenapa kami harus merekrut anda?” adalah dengan fokus menceritakan mengenai keterampilan dan kemampuan anda yang layak untuk mereka pertimbangkan di posisi yang mereka cari. Boleh juga menyebutkan keterampilan lain walau tidak berhubungan dengan pekerjaan itu, karena bisa saja menjadi nilai tambah, walau kadang-kadang disangka nggak nyambung. Ambil pula sedikit celah untuk membandingkan job description dengan kemampuan Anda.

Kuncinya jangan sampai ngomong bertele-tele dan tampilkan diri kamu yang positif. Untuk mempersiapkan jawaban untuk pertanyaan ini, Anda harus paham mengenai deskripsi kerja dari pekerjaan itu.

Lamanya kamu menjelaskan tentang diri kamu di pertanyaan ini cukup selama 1-2 menit saja, yang penting kualitas diri kamu tersampaikan. Pastikan pula untuk menonjolkan keunikan yang Anda miliki, sehingga perekrut dapat melihat perbedaan Anda dengan kandidat lainnya.

Di bawah ini contoh jawaban terbaik untuk pertanyaan kramat tadi, mungkin bisa kamu kembangkan lagi agar lebih sesuai dengan diri kamu.

Saya berpengalaman di industri ini dan kemampuan saya dalam bekerja pasti cocok dengan posisi tersebut.

Saya memiliki kecerdasan, pengalaman, dan kemampuan komunikasi yang baik sehingga saya ingin menjadi aset bagi perusahaan ini.

Perusahaan ini menyediakan berbagai pelayanan yang sesuai dengan pengalaman saya sebelumnya. Saya yakin bahwa saya sangat familiar dengan industri ini sehingga saya pasti cocok dengan posisi tersebut.

Saya telah mendengar penjelasan Anda mengenai (misalnya sales manager) yang harus mampu mengatur banyak karyawan. Selama lima tahun pengalaman saya di posisi tersebut, saya mampu mengembangkan tim yang sangat kuat dan penuh motivasi. Selama dua kali berturut-turtu saya menerima penghargaan sebagai manager of the year. Jika saya diterima di sini, saya akan membawa bahkan mengembangkan kemampuan itu untuk pencapaian target perusahaan ini.

Saya memiliki kemampuan administrasi yang sangat baik yang saya yakini sangat diperlukan di perusahan ini. Selain itu, saya juga sangat menikmati bekerja sama dengan orang banyak yang tentu diperlukan dalam posisi ini.

 

Sc: grid.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here