Kiss FM Medan – Belakangan ini teman-teman di Whatsapp sering sekali membagikan sebuah broadcast message yang berisi tentang aplikasi Whatsapp yang akan mulai memungut biaya bagi para pengguna, duh padahal ini adalah Broadcast Hoax lho. Katanya pungutan ini akan dilakukan mulai dari hari senin.

Isi broadcastnya seperti di bawah ini.

“Mulai Hari Senin besok WhatSapp akan dikenakan bayaran (biaya) karena sekarang whatsapp sdh diakuisisi oleh Facebook. Jadi kalau anda punya kontak sekurangnya 10 org, maka kirimilah mereka pesan ini. Dengan begitu kita akan melihat bahwa anda adalah pengguna yang sangat  membutuhkan whatsapp ini, dan kemudian logo anda akan menjadi biru (🔵) dan akan tetap gratis. (Seperti berita yang dimuat dalam  koran hari ini). Whatsapp akan dikenakan biaya sebesar 0.01€ per pesan (message). Kirimlah pesan ini ke 10 org. Apabila anda mengirim pesan tsb maka warna logo anda akan menjadi biru, kalau tdk setiap penggunaan whatsapp akan dikenakan biaya. Akuisisi Facebook Terhada WhatsApp Rampung | bisnis | tempo.co – http://m.tempo.co/read/news/2014/10/07/090612453/akuisisi-facebook-terhadap-whatsapp-rampung

Jangan Percaya Broadcast Hoax Ini Di Whatsapp

Ketika kru mendapat broadcast ini ada hal aneh yang bisa kita lihat.

  1. Mulai hari senin besok… senin tanggal berapa tepatnya tidak dijelaskan padahal senin akan selalu kita jumpai  setiap minggunya.
  2. …karena sekarang whatsapp sdh diakuisisi oleh Facebook. Ya memang benar kalau Whatsapp telah diakuisisi oleh Facebook pada 2014 silam dan hal itulah yang diberitakan oleh link yang ditautkan.
  3. Whatsapp akan dikenakan biaya sebesar 0.01€ per pesan (message)Tidak benar bahwa Whatsapp akan memungut biaya sebesar € 0,01 atau sekitar Rp 158 per pesan. Yang benar Aplikasi ini pada awalnya mengenakan biaya kepada pengguna sebesar USD 1 per tahun untuk berlangganan, tapi kemudian dibatalkan pada awal tahun 2016 oleh pendiri WhatsApp, Jan Koum, sehingga aplikasi pesan ini tetap gratis.
  4. Jadi kalau anda punya kontak sekurangnya 10 org, maka kirimilah mereka pesan ini. Dengan begitu kita akan melihat bahwa anda adalah pengguna yang sangat  membutuhkan whatsapp ini di kalimat inilah semua hoax terungkap. Tidak akan pernah bisa berpengaruh ketika kita membagikan pesan ini kemudian akan berpengaruh pada sistem mereka karena Whatsapp tidak memberlakukan sistem ini.

Jadi, pesan moralnya adalah jangan langsung membagikan hal-hal seperti broadcast message yang belum tentu benar karena kemungkinan besar itu adalah broaddcast hoax kepada orang lain sebelum anda mengkroscek terlebih dahulu kebenarannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here