Kiss FM Medan – Harga tanaman Janda Bolong mencapai 150 juta, per helainya dihargai 15 juta. Bahkan ukuran yang mini saja harganya 6 jutaan.

Nama latin dari tanaman ini adalah Monstera Adansonii Variegata, atau lebih dikenal sebagai tanaman Janda Bolong. Tanaman jenis Monstera belakangan ini semakin menjadi primadona di tengah masyarakat. Apalagi di tengah pandemi saat ini ketika semua orang nggak bisa kemana-mana, pilihan mereka adalah berkebun dan berburu tanaman hias.

Si Janda Bolong ini memiliki daya tarik warna belang putihnya itu namun jenis Variegata atau yang memiliki belang putih seperti ini jumlahnya tidak banyak alias terbilang langka, itulah yang menjadi faktor kenapa harganya bisa mencapai ratusan juta rupiah.

Masih berukuran kecil saja, penjual sanggup mematok harga per pohonnya lebih dari 6 jutaan, ketika sudah besar maka dihitung per helai. Jadi kalau satu pohon ada 10 helai dan per helai harganya 15 juta, maka per pohon menca[ai 150 juta rupiah. Waduuuh…

Momen seperti ini sempat terjadi juga beberapa tahun lalu pada tanaman anthurium. Padahal tanaman janda Bolong ini termasuk tanaman yang mudah dibudidayakan lho, hanya aja jumlahnya yang masih sedikit bikin banyak pedagang mempermainkan harga pasar seperti yang dikatakan oleh Dosen Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran ( Unpad), Bandung, Syariful Mubarok.

“Ini hanya sebatas dari permainan dagang atau harga untuk tanaman hias,” kata Syariful dilansirr dari laman resmi Unpad melalui Kompas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here