Kiss FM Medan – Akhir tahun bentar lagi gengs… karena tanggal 1 januari yang pas banget jatuh di hari senin, praktis bikin libur akhir tahun jadi panjang banget. Buat kalian yang udah punya rencana buat traveling untuk menghabiskan waktu libur akhir tahun wajib waspada nih dengan jalur-jalur yang bakal macet parah nanti.

Hal ini dikarenakan masyarakat batak sangat menghormati tradisi berkumpul ketika malam tahun baru sehingga saat akhir tahun banyak yang memilih untuk pulang ke kampung halaman demi berkumpul dengan keluarga besar. Berikut jalanan di Sumut yang bakal ‘memerah’ di google maps.

Jalur langganan macet  sepanjang Jalan Jamin Ginting

Mulai dari Simpang Pemda, simpang tuntungan, pajak pancur batu dan tikungan PAM Tirtanadi di atas desa sembahe itu bisa menjadi wilayah paling macet menjelang tahun baru. Setelah desa Sembahe, sepanjang jalan menuju sibolangit juga patut diwaspadai. Jalanan berkelok-kelok setelah desa Bandar Baru juga sering kali macet parah hingga membuat kendaraan merayap hanya untuk mencapai kota Berastagi. Setelah simpang Doulu, jalanan juga akan macet parah karena berada di pinggir jurang dan tebing. Harus berhati-hati melewati jalur ini karena sering sekali ditutupi kabut tebal. Wajar aja sih jalan ini menjadi penghubung antara

Jalur menuju pasar tradisional Tigapanah

Pasar yang terletak tepat di pertemuan antara jalan Suka Nalu dan Jalan Sidikalang – Medan ini memang selalu jadi langganan macet nggak terkecuali selain akhir tahun saja. Bahkan weekend bisa membuat pertigaan ini macet, makin diperparah karena pertigaan ini sangat sempit dan banyak pedagang sayur yang menjajakan dagangannya.

Merek – Sidikalang

Jalur di mana terdapat banyak kelokan dengan tebing dan jurang yang mengapit kanan dan kiri jalan ini selalu jadi langganan macet karena ruas jalan yang sempit dan rawan sekali longsor, akibatnya kendaraan harus bergantian untuk melintas. Kalau akhir tahun nanti punya rencana buat melintas di jalur ini menggunakan kendaraan roda empat, nah di situlah saatnya kamu melatih kesabaran hati karena kalau udah macet, bisa sampai molor hingga 2- 3 jam lamanya, itu kalau weekend, kalau akhir tahun? Bisa sampai 8 – 10 jam lamanya karena kendaraan bisa kalah cepat dengan orang yang jalan kaki.

Sepanjang Jalan Siantar – Parapat

Sudah tahu dong kalau jalanan mulai dari kota Siantar menuju Parapat tergolong sempit dan hanya muat dua kendaraan besar berpapasan saja. Belum lagi volume kendaraan yang pasti melonjak di akhir tahun nanti karena banyak yang akan berlibur ke kota wisata Parapat akan membuat jalur ini bakal macet menjelang akhir tahun. Kalau ada yang ugal-ugalan siap-siap langsung meluncur ke dalam danau toba.

Batu bolong menuju Sibolga

Batu yang memalang di tengah jalan ini sudah beratus tahun lalu dibom agar berlubang dan membentuk jalan menghubungkan jalur lintas Balige – Sibolga. Karena sempitnya jalan yang terbentuk, kadang hanya bisa dilalui oleh satu kendaraan besar saja, praktis membuat pengendara harus antri untuk bisa bergantian melewatinya. Makin parah kalau musim hujan, karena jalanan yang berada di dalam batu raksasa ini kadang becek, belum lagi jalanan sebelum dan sesudah melewati batu, jalanannya rawan sekali longsor karena berada di lereng pegunungan.

Tebing tinggi

Menuju kota tebing tinggi dari arah Sei Rampah, jalanan terbilang sempit, untungnya proyek perbaikan jalan di kota ini sudah selesai jadinya macet dapat terkurangi, wlau tetap saja sering macet sih karena peningkatan volume kendaraan.

Jalur langganan macet tiap akhir tahun bahkan setiap weekend, Pasar Bengkel!

Banyaknya penjual oleh-oleh di sepanjang pasar bengkel ini sudah menjadi langganan pusat macet. Banyak yang turun untuk membeli oleh-oleh. Padahal kalau jalanan lagi sepi jalan ini sangat luas untuk dilewati sampai 5 mobil berjajaran lho.

Kota Padang Sidempuan juga jadi jalur langganan macet juga lho

Sebenarnya macet bukan tepat di kota padang Sidempuannya, hanya aja karena Jalur Lintas Tengah Sumatera melewati Tugu Siborong membuat jalur menuju dan setelah Tugu Siborong menjadi macet parah menjelang akhir tahun.

Jalur langganan macet di simpang kawat, Asahan

Pertigaan antara jalan Lintas Sumatera dan Jalan Perintis ini sering kali macet parah karena kendaraan besar ditambah lagi volume kendaraan pribadi yang meningkat membuat pertigaan yang bertemu dengan jalan alternatif ini macet parah.

Simpang Amplas menuju Polda Sumut

Jalan Medan – Siantar tepat di terminal Amplas praktis akan macet karena banyaknya pol bus dan terminal bus di sepanjang jalan Marendal hingga ke lampu merah Amplas, setelahnya akan bertemu dengan pintu tol yang selalu akan macet di akhir tahun.

Simpang Timbangan menuju Lubuk pakam

Pertemuan antara jalur lintas dengan pusat kota Lubuk Pakam ini bakal bikin banyak pengendara harus elus dada karena macet parah setiap akhir tahun. Kondisi sama juga terjadi kalau hari raya Idul Fitri. Yang sabar ya kalau lewat sini.

Segitu dulu info jalur macet dari Kiss FM Medan, bila ada rekan sebaya yang merasa ada jalur yang belum tersebutkan boleh di share di kolom komentar agar admin segera menambahkannya di artikel ini.

Pin It on Pinterest

Shares
Share This