Kiss FM Medan – Mencari kerja zaman sekarang ini susah ya, sampai-sampai banyak oknum yang memanfaatkan peluang ini untuk meraup keuntungannya sendiri padahal si pencari kerja udah melakukan berbagai usaha mulai dari ngeprint lamaran kerja, ongkos kirim surat lamaran, ongkos ke tempat wawancara eh ternyata info lowongan kerja yang ia dapat bukanlah info yang valid. Perusahaan yang dituju ternyata nggak ada, atau bahkan cuma perusahaan odong-odong yang mau nipu para pencari kerja.

Biar nggak ketipu mending sebelum mengirimkan surat lamaran kerja kamu harus mengetahui terlebih dahulu gimana ciri-ciri info lowongan kerja abal-abal yang sampai saat ini masih banyak beredar.

Info lowongan kerja menggunakan chat atau blog

Info lowongan abal-abal biasanya menyebarkan info melalui broadcast chat atau dipasang melalui blog. Semisalnya nih ya, kamu mengetahui info lowongan kerja dari www.infoloker.blogspot.co.id. Nah embel-embel blogspot dan lain-lain inilah diketahui kalau si penipu menggunakan blog. Info lowongan yang resmi pasti menggunakan alamat resmi dari website official mereka.

Menggunakan alamat domain resmi

Tentu saja kalau memang sedang membuka lowongan kerja mereka akan mengumumkannya melalui website official dengan domain resmi. Kalau kamu menemukan domain berakhiran .xyz, .co, atau selain .co.id dan .com maka website tersebut pantas diragukan.

Pakai email gratisan

Sudah begitu menggunakan email gratisan pula seperti gmail, yahoo mail, dll. Info lowongan kerja yang resmi biasanya mereka akan mengarahkan kita untuk mengirimkan lamaran ke alamat email dari website resmi mereka.

Kontak yang digunakan adalah nomor seluler atau sms

Kontak dari info yang lebih lanjut pasti menggunakan nomor kantor bukan nomor seluler. Apalagi kalau mereka menghubungi kamu cuma melalui sms doang. Wah, apakah perusahaan tersebut tidak punya pulsa untuk menelepon kamu?

Lokasi wawancara yang berbeda dengan kantor resmi

Website resmi dari perusahaan yang menyebarkan info lowongan sih ada, dan kontak juga alamat kantor tertera jelas di dalam website, tapi kok waktu wawancara disuruh ke tempat lain?

Kalau kamu mendapatkan info lowongan kerja dari kombinasi ciri-ciri di atas maka berhati-hatilah bisa jadi itu hanyalah info lowongan kerja abal-abal. Berhati-hatilah rekan sebaya dalam mencari info loker.

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here