Kiss FM Medan – Buat kalian yang tahu password WIFI di hotel yang kalian inapi, bukan berarti kalian berhak menyebar password tersebut ke ranah publik tanpa izin pihak hotel. Jadi tuh ceritanya begini, seorang pria yang hadir ke salah satu hotel di Singapura untuk menjadi peserta sebuah seminar yang diselenggarakan di hotel tersebut melakukan hal yang membuat pihak hotel menjadi berang.

Pasalnya, pria yang memiliki nama Zheng Dutao ini bukanlah tamu hotel yang menginap, ia datang hanya untuk hadir di seminar Hack in the Box, maka wajar saja jika ia tidak mendapat akses WIFI milik hotel, apalagi akses WIFI hanya untuk karyawan dan tamu hotel saja. Namun Zheng malah meretas akses WIFI hotel menggunakan perangkat AntLabs IG3100.

Melalui perangkat tersebut, Zheng menemukan kalau password WIFI hotel yang memiliki nama Fragrance Hotel tersebut menggunakan password default telnet.

Melalui data itu, Zheng yang merupakan teknisi IT di Tencent ini menggunakan berbagai pengkodean untuk masuk ke dalam akses internet hotel. Bukan cuma satu, Zheng menemukan semua password hotel dari data di MySQL.

Celah yang bisa diaksesnya ini harusnya dilaporkan Zheng ke pihak hotel, tapi Zheng malah mempublikasikan temuannya ini di blog pribadinya dan bisa dibaca oleh semua viewer. Cyber Security Agency of Singapore kemudian menemukan blog milik Zheng beberapa hari kemudian dan melaporkannya ke pihak hotel. Akhirnya Zheng diwajibkan membayar denda sekitar 52 juta Rupiah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here