Kiss FM Medan – Sepanjang Januari 2018 nanti ada banyak fenomena astronomi indah yang akan terjadi dan dapat di lihat dari bumi. Mulai dari hujan meteor, penampakan Mars dan Jupiter juga Supermoon ada di Januari ini.

Mars dan Jupiter terlihat lebih besar tanggal 7 Januari

Tepat pada tanggal 7 Januari nanti, planet Mars dan Jupiter akan terlihat berdekatan. Fenomena astronomi ini bisa dilihat dari mulai pukul 02.00 dini hari. Gunakan teleskop agar kamu bisa menikmati indahnya Mars dan Jupiter. Berbeda dengan bintang, dua planet ini tidak akan berkelap-kelip ketika tampak di langit nantinya.

Tanggal 9 Januari bisa melihat fase bulan kuartir akhir

Fenomena Astronomi Indah Yang Bakal Terjadi Selama Januari 2018
Shares
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Pada fase kuartir akhir bulan hanya akan tampak separuh sejak terbit di langit timur pada sat tengah malam dan tidak berada di ufuk barat melainkan berada di titik tertinggi ketika matahari terbit. Bulan yang berada di fase kuarter akhir bisa dilihat hingga pukul 12 siang.

Merkurius dan Saturnus akan terlihat saat matahari terbit tanggal 13 Januari

Merkurius dan Saturnus memang selalu muncul hanya pada saat sebelum matahari terbit, walau jarang sekali namun 13 Januari nanti, satu jam sebelum matahari terbit dua planet ini akan tampak di langit dengan jarak keduanya hanya berdekat sejauh 0,7 derajat saja.

Tiga planet akan muncul di langit pada 15 Januari

Tepat pada tanggal 15 Januari 2018, ada tiga benda langit yang akan menghiasi angkasa luas yaitu bulan sabut tua, Merkurius dan Saturnus. Formasi sempurna segitiga di langit timur sekitar satu jam sebelum Matahari terbit ini merupakan fenomena astronomi indah yang bisa dilihat dengan mata langsung.

17 Januari bulan akan berada pada fase bulan baru

9 hari setelah fase bulan akhir, saatnya untuk fase bulan baru. Fase ini akan terjadi pada 17 Januari, di mana bulan akan berada satu garis lurus dengan matahari. Fenomena ini hanya terlihat pada sisi bumi yang sedang mengalami pagi hari saja yaitu sekitar pukul 09.17 wib.

Yuk mengamati fase bulan kuartir awal pada 25 Januari

Tahap selanjutnya dari fase bulan baru adalah fase bulan awal yang terjadi pada 25 Januari pukul 05.20 WIB, posisi bulan yang hanya tampak separuhnya ini berada tepat di atas kepala. Berbeda dengan matahari yang sudah pasti berada di ufuk timur dan barat pada pukul 5 subuh dan sore hari, bulan tidak tertentu pada pukul berapa ia berada di setiap ufuk.

Ada gerhana bulan total di ujung Januari

Shares
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Tepatnya pada 31 Januari nanti akan ada supermoon atau gerhana bulan. Bulan akan mulai memasuki bayangan bumi pada pukul 18.48 WIB. bulan akan berada di balik umbra bumi selama 3 jam 22 menit. namun, gerhana bulan total hanya berlangsung selama 1 jam 16 menit 4 detik. Seluruh fenomena astronomi indah ini akan terjadi selama 5 jam 17 menit. Puncak gerhana terjadi pada pukul 20.31 WIB. Supermoon bisa dilihat di langit Indonesia, terutama di bagian barat.

Pin It on Pinterest

Shares
Share This