Kiss FM Medan – Bandar udara atau bandara adalah salah satu tempat tersibuk di dunia, dan kesibukan ini berlangsung hampir selama 24 jam lamanya. Untuk itu penting bagi siapa saja yang berada di bandara untuk memperhatikan etika-etika yang berlaku walaupun tak tertulis. Apa saja?

Lepas barang sebelum masuk ke dalam antrian

Sebelum melewati mesin X-Ray, benda-benda logam ataupun aksesoris seperti jam tangan, tali pinggang, dll harus dilepas dan dimasukkan ke dalam baki untuk diperiksa menggunakan mesin X-Ray. Etikanya kamu harus melepaskan barang-barang ini sebelum masuk ke dalam antrian. Hal ini dikarenakan untuk menghemat waktu dan menghormati kebutuhan waktu orang lain karena semua orang yang ada di bandara membutuhkan segala sesuatunya dengan cepat. Bukankah kamu juga?

Jangan meletakkan barang di kursi tunggu

Bandara adalah tempat yang memiliki kursi tunggu yang sangat sedikit, untuk itu keberadaannya sangat berharga maka berlakulah saling menghormati dengan tidak meletakan barang kamu di atasnya dan membiarkannya kosong untuk orang lain yang membutuhkannya.

Kalau bisa sih jangan tidur di bandara

Gimana ya, admin sendiri sering sih melakukan hal ini tapi ternyata demi tidak terganggunya kenyamanan orang lain karena kamu berselonjoran di atas kursi misalnya, mending jangan deh. Kalau admin sih, nyari lokasi yang nyempil gitu buat istirahat (baca: tidur) kalau pas landing kemaleman dan nggak ada lagi damri. hehehehe

Jangan bawa makanan berbau

Mungkin kamu suka banget sama makanan itu, tapi belum tentu dengan orang lain bukan? So, untuk menghindari terganggunya orang lain maka sebaiknya hindari membawa makanan berbau menyengat seperti durian, jengkol, pete, dan makanan lainnya.

Ngobrol boleh, tapi suaranya jangan kencang-kencang

Siapa sih yang melarang kamu ngobrol kecuali lagi ibadah ya, sah-sah aja kalau mau ngobrol secara tatap muka ataupun di telepon tapi etikanya tidak dengan suara yang kencang. Terutama di jadwal penerbangan malam hari atau pagi buta, agar tidak mengganggu kenyamanan orang lain. Which is, hal ini berlaku di mana saja sih.

Jangan bercanda masalah bom

Bom menjadi sangat sensitif terutama di bandara, ada banyak kasus mengenai bom yang awalnya adalah bercandaan. Tahu gak, kalau bercanda soal bom, seseorang bisa mendapatkan hukuman dan denda yang tidak sedikit lho. Jadi, please jangan bercanda masalah bom deh.

Hormati petugas bandara dan ikuti aturan yang berlaku

Ada banyak sekali aturan yang dituliskan dan dipajang di berbagai tempat di sudut-sudut bandara, dan ada banyak petugas yang berjaga di sana. Sebagai masyarakat yang baik maka patuhilah aturan dan hormati petugas yang bekerja karena mereka ada juga untuk melayani anda.

Jangan menyerobot antrian

Etika Tak Tertulis Yang Harus Diikuti Pengunjung Saat di Bandara

Nggak cuma di bandara aja sih, antrian mana aja kalau ada yang nyerobot pasti bikin kesel ya kan?! So, awali dari diri sendiri untuk tidak membiasakan hal ini. Jadi, begitu ada yang nyerobot antrian kamu bisa tuh komplain atas perbuatannya pada petugas.

Gimana? Sudah paham kan kalau ternyata ada etikanya juga ketika berada di bandara, biar kamu dan aku nggak sembarangan lagi dan mengganggu orang lain. Jangan lupa untuk terus update pengetahuan kamu di Kiss FM Medan, walaupun belum menjadi radio terbaik di medan namun kami akan terus berusaha. Doakan kami ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here