Kiss FM Medan – Semua bermula ketika sebuah Sekolah Dasar yang berada di Berkeley, California mengadakan malam penggalangan dana yang mereka lakukan untuk para orang tua. Nah untuk hiburan anak-anak, pihak sekolah memutar film “The Lion King” dari DVD yang mereka miliki.

Harusnya malam itu seru karena anak-anak SD Emerson Elementary School yang datang pakai piyama tidur dan bawa selimut bakal nonton sambil makan pizza. Btw, buat ikutan acara ini setiap anak bayar tiket sebesar $15 atau sekitar Rp 200 ribu.

Acara yang berlangsung 15 November lalu itu akhirnya berujung didenda Disney. Pihak sekolah harus berurusan dengan perusahaan raksasa itu karena dianggap menayangkan film secara ilegal dan kena denda $250 untuk membayar lisensi tayang.

Jadi acara penggalangan dana itu akhirnya tetap membayar $250 atau sekitar sepertiga dari dana yang mereka kumpulkan. Mereka juga tidak tahu kalau yang mereka lakukan adalah ilegal.

Biarpun mereka tetap membayar denda tapi Emerson Elementary mengatakan kalau keputusan Disney mendenda sekolah karena tindakan itu agaknya sedikit tidak adil. Mungkin Disney benar bila dilihat secara hukum tapi masyarakat terlanjur menempatkan Disney sebagai musuh karena mendenda sebuah sekolah dasar hanya karena malam amal. Apalagi begitu tahu kalau The Lion King meraih penghasilan lebih dari $1 miliar di box office yang artinya Disney sukses besar lewat film Live Action itu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here