Kiss FM Medan – Banyak yang bilang industri hiburan di Korea Selatan itu ketat banget dan keras jadi harus kuat kalau debut jadi idola di sana. Tiap tahun ada sekitar belasan idol grup yang terbentuk dan debut. Dari banyaknya jumlah itu, beberapa ada yang tetap kuat dan melanjutkan perjuangannya di industri musik dan hiburan Korea walau mereka belum menoreh prestasi.

Bangtan Boys adalah salah satu grup yang berjuang dari nol. RM, Suga, J-Hope, Jimin, V, Jin, dan Jungkook bergabung di agensi kecil bernama Big Hit Entertainment. Jadi grup idola pertama agensi kecil itu dan terus berusaha agar dikenal oleh masyarakat Korea. Tak hanya BTS, bahkan EXO yang berasal dari agensi besar saja di awal debutnya harus menelan pengalaman cuma dibayar masing-masing sekantong beras.

Memang begitu jadi idola yang baru debut banyak banget kisah sedihnya, namun konsistensi, kekuatan, promosi dan hal-hal pendukung lainnya jadi faktor mereka kini dikenal bahkan sampai keluar Korea.

Tapi, ada juga yang malah menelan pengalaman pahit di sepanjang perjuangan mereka menjadi idola di Korea, bahkan mereka harus memilih bubar karena nggak memungkinkan melanjutkan perjuangan sebagai grup. Setelah nama-nama besar seperti 2NE1 dan Sistar, girl grup kecil WA$$UP dan 9MUSES harus memilih untuk mengakhiri perjalanan grup mereka.

WA$$UP debut di tahun yang sama dengan BTS, namun berbeda dengan BTS, WA$$UP terus menunjukkan penurunan popularitas terutama ketika beberapa anggotanya memilih keluar membuat grup ini hanya tersisa empat dari 7 member awalnya.

Sedangkan 9MUSES yang admin masih inget banget lagu DOLLS mereka yang rilis 6 tahun lalu, memutuskan bubar karena berakhir kontrak dan tidak ada niatan memperpanjang kerja sama. Tapi gil group ini akan mengadakan fanmeeting terakhir pada 24 Februari dan merilis single perpisahan ‘Remember’. Baik WA$$UP dan 9MUSES akan melanjutkan aktivitas mereka sebagai individu tanpa nama grup mereka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here