Kiss FM Medan – Info mengenai Facebook kebocoran data ke pihak ketiga sedang ramai dibicarakan, hal ini menyebabkan banyaknya bertebaran kabar-kabar mengenai pengecekan keamanan akun Facebook.

Kabar ini santer di seluruh dunia, namun khusus di Indonesia, postingan ini disertai dengan wajah Donal Trump dan sang pemilik Facebook, Mark Zuckerberg. Isi postingan tersebut berbunyi:

“Mark Zuckerberg, CEO Facebook, menemukan kata BFF, untuk memastikan akun anda aman di facebook. Ketika Bff di komentar, Jika terlihat hijau, akun anda dilindungi. Jika tidak muncul dalam warna hijau, ubah kata sandi anda segera karena mungkin diretas oleh seseorang. #copied.”

Postingan tersebut seketika menyebar luas. Menyebabkan banyak netizen berbondong-bondong berkomentar “BFF” di kolom komentar siapapun yang memposting unggahan tersebut. Namun kata BFF ada yang berwarna hijau dan ada yang berwarna hitam.

Apakah cara ini benar untuk memastikan akun kita aman atau tidak? Sayangnya ini hanyalah berita hoax yang dibesar-besarkan dengan tujuan yang tidak jelas.

Mengetik kata BFF tidak ada hubungannya dengan keamanan sebuah akun. Lalu warna hijau yang muncul alasannya dikarenakan Facebook selama tiga tahun belakangan ini membuat animasi pada kolom komentar dan juga kolom unggahan status dengan beberapa text berwarna dan mengeluarkan animasi.

Kata lainnya yang memiliki animasi serupa adalah kata “rad“, “LMAO“, “thank you so much“, “congratulations (bisa juga hanya congrats)”, atau kata “you got this“.

Kalau kata-kata tersebut tidak berubah warna maka kemungkinan besar adalah Facebook aplikasi kamu perlu mendapatkan pembaruan. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here