Kiss FM Medan – Terminal menjadi tempat tersibuk di seluruh dunia, terminal bus, stasiun kereta dan bandara, namun dari tempat yang selalu menjadi lokasi paling sibuk kini menjadi stasiun kereta dan bandara paling sepi yang hanya berjumlah beberapa penumpang saja setahunnya. ┬áNggak percaya kan? Ada lho stasiun kereta dan bandara paling sepi di dunia. Berikut ini lokasinya.

Bandara paling sepi di dunia, cuma 2 ribu penumpang setiap tahun

Bandara Paling Sepi Dan Stasiun Kereta Paling Sepi Di Dunia

Walaupun angkanya menunjukkan 2.000 penumpang, tapi angka ini ternyata sangat rendah dibandingkan dengan bandara internasional di Indonesia. Mattala Rajapaksa International Airport berada di area hutan 250 km dari Kolombo. Bandara ini memiliki bangunan terminal seluas 12 ribu meter, 12 check-in counter, dua gerbang dan landasan yang panjang. Karena sepinya bandara ini, pihak pengelola hingga harus memangkas jumlah karyawan dari awalnya berjumlah 600 pegawai, dikurangi hingga 300 pegawai.

Pembangunan bandara ini berdasarkan usul dari mantan presiden Sri Lanka, Mahinda Rajapaksa yang menginginkan daerah terpencil dan di bawah garis kemiskinan bisa bangkit. Maka dipilihlah Hambantota yang memiliki populasi hanya 23 ribu jiwa. Saat baru pertama kali beroperasi ada tujuh penerbangan dalam satu hari, yaitu ke Bangkok, Beijing, Chennai, Jeddah dan Shanghai. Namun karena sepi maskapai penerbangan tersebut menghentikan rute penerbangan ke Mattala.

Selain bandara paling sepi ada juga stasiun kereta paling sepi di dunia, cuma 1 penumpang per bulan

Bandara Paling Sepi Dan Stasiun Kereta Paling Sepi Di Dunia

Kalau stasiun tersibuk ada di Jepang, yaitu The Shinjuku Station di Tokyo yang melayani 3,6 juta penumpang setiap hari dan 1,3 miliar penumpang per tahunnya. Sementara stasiun paling sepi ada di Shippea Hill Station, di daerah Cambridgeshire, Inggris. Dulunya sekitar tahun 1970an, stasiun Shippea Hill dibangun untuk membawa para penduduk yang ingin menjual hasil kebunnya ke kota London. Namun seiring waktu berlalu, pendudukpun beralih ke moda transportasi lain hingga akhirnya stasiun kereta ini menjadi sangat sepi dari penumpang, bahkan sebulan hanya mengangkut 1 penumpang saja.

Di pulau Hokaido beberapa bulan lalu juga ada stasiun yang terbilang sangat sepi, stasiun Kyu Shirataki beberapa tahun lalu hendak ditutup karena sepinya penumpang oleh pihak stasiun pusat Hokkaido Railway Co. Namun karena masih ada penumpang setia yaitu seorang siswa SMA, Kana Harada. Niatan tersebut diurungkan dan penutupan akan dilakukan setelah Kana Harada lulus SMA, tepat Maret 2017 akhirnya stasiun Kyu Shirataki resmi ditutup.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here