Kiss FM Medan – Ada banyak kata-kata dari bahasa Tionghoa yang akhirnya menjadi kosakata pergaulan sehari-hari masyarakat Indonesia keturunan Tionghoa.

Walau menurut sepengakuan langsung dari warga keturunan tionghoa banyak dari mereka juga tidak mengerti bahasa Tionghoa yang baik dan benar itu seperti apa, namun ada beberapa istilah-istilah di bawah ini yang digunakan ke dalam pergaulan sehari-hari mereka.

Ciak = Makan

Bisa juga berarti seperti ‘permisi’ ketika makan bersama orang-orang ramai.

 

Hau ce = Enak

Menyatakan enak pada sebuah makanan.

A: Gimana? enak nggak?

B: Hmmm.. Hau ce

 

Au ban = keras kepala atau kepala batu

A: Elu sih au ban, gue udah bilang dari tadi suruh bawa payung

B: Iya deh maaf…

 

Bo huat = gondok

A: Bo huat gue sama lu dibilangin ngelawan mulu

B: ….

 

Sekia = anak kecil

Biasanya dipakai untuk merendahkan.

A: Gitu aja nangis lu… heee

B: Elu mah masih sekia, tau apa lu soal cinta?

 

Ceng li = fair, adil, masuk akal

A: dua ratus ribu, all you can eat, dapat makanan pilihan sebanyak ini.

B: Hmmm… ceng li lah, ceng li.

 

Bo ceng li = nggak adil, nggak fair

A: Tapi katanya cuma dikasih waktu makan 15 menit?

B: Wah kalau itu sih bo ceng li dong

 

Bo kam guan = nggak rela

A: Gue bungkusin tuh semua! Salmon, Kepiting. Bo kam guan gue!

 

Kang tau = rezeki

Biasanya dipakai buat menggambarkan peluang/gig, kesempatan

A: Tanggal 20 kosong nggak? ada kang tau nih gua

 

Cuan = Laba, untung

A: Gue kan modal udah murah, belinya lusinan, masih ada cuan lah

 

Bo cuan = nggak ada laba, nggak untung

B: Yah koh, jangan ditawar segitu lah, bo cuan lah

 

Pu haw ise = nggak enak hati

A: Kok lu mau sih nolong dia?

B: Yah gue kan udah ditolong banyak sama dia, masa sekarang dia minta tolong gue nggak mau? Pu haw ise lah…

Jadi kalau rekan sebaya berada di sekitar teman-teman yang keturunan Tionghoa, trus mereka mulai mengatakan istilah-istilah dalam bahasa Tionghoa, paling tidak kamu sedikit mengerti.

Konten asli berasal dari ceritera.id

1 COMMENT

  1. This site is completely awesome. I’ve search these info a long time and I view it that is professional, fast to
    comprehend. I congratulate you for this article that I
    am going to tell to the people friends. I ask you to recommend the gpa-calculator.co
    page where each college student or learner can calculate
    ratings grade point average levels. Have a great day!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here